Hendaklah perkataan KRISTUS tinggal dengan limpahnya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain

Kolose 3 : 16

1 Oktober 2017

Saudara yang terkasih ;

Kami punya seorang mentor yang sudah berjalan bersama-sama dengan kami selama puluhan tahun. Mungkin 20 tahun sudah berlalu, sejak kami pertama berkenalan lewat seorang teman. Di dalam perjalanan pertemanan itu, segala macam bentuk pelajaran, peringatan, serta teguran, telah pernah kami terima. Dari mulai teguran yang ringan, sampai kepada teguran yang sangat keras dan membuat hati gentar. Tetapi kami mau menerima semua bentuk teguran itu dengan lapang dada. Di saat teguran itu datang, kami belajar untuk introspeksi, memeriksa ke dalam (walaupun kadang tidak mengerti juga dimana salahnya, tetapi tetap kami tidak berusaha membantah), sampai akhirnya buah yang manis bisa kami dapatkan di saat teguran keras dari TUHAN itu telah selesai. 

Saudara, ada kalanya TUHAN memakai hamba-NYA untuk menyampaikan maksud-NYA. Dan jika kita yang ditegur, belajarlah menerima teguran itu dengan besar hati sebagai salah satu cara TUHAN di dalam mendidik kita. Memang pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna, karena hanya TUHAN-lah yang Maha Sempurna. Tetapi janganlah kita justru selalu berdiri di balik alasan ketidaksempuraan itu dan mengabaikan sebuah kesalahan berlaku terus menerus.  Teguran itu diperlukan, agak kita dapat terus berjalan lurus dalam kasih KRISTUS.  

 

Ajar aku TUHAN hidup dalam jalan-MU,

Agar semua rencana-MU digenapi,

 

Ary dan Ester Handoko