Hal itu tidak usah mengherankan, sebab iblis pun menyamar sebagai malaikat terang

II Korintus 11 : 14

9 Juli 2017

Saudara yang terkasih ;

Mainan boneka berupa dinosaurus dan saudara-saudaranya masih merupakan mainan yang diminati oleh anak-anak kecil hingga saat ini. Entah kenapa mereka begitu suka melihat bentuk dino yang sebenarnya menyeramkan dan jauh dari kata ‘imut’. Terutama anak-anak cowo, suka sekali main-main dengan boneka dinosaurus yang terbuat dari plastik, atau robot, lalu mengkhayalkan kalau mereka beneran hidup serta berjalan-jalan di dunia ini. Memakai kaos bergambar dino, berfoto dengan patung dino raksasa, keren yaa. Mungkin justru tampangnya yang ‘gahar’ alias ‘sangar’ itu seperti menunjukkan sisi ‘perkasa’ dalam boneka dino ini. Memang kalau dinosaurus hanya berupa mainan saja, tidak menakutkan. Tetapi pernahkah dibayangkan seandainya mereka masih beneran hidup dan berkeliaran di bumi? Siapa yang berani mendekatinya ?  

Saudara, permainan dino yang sepertinya ‘lucu’ padahal kenyataannya sama sekali tidak ini, mengingatkan kami akan ‘tokoh’ yang sering juga menyamar sebagai sesuatu yang nampaknya indah, manis, ganteng, bahkan cantik. Padahal aslinya sama sekali bertolak belakang dari itu semua. Itulah si iblis. Di dalam dunia ini, dia sering berubah rupa dan menyusup melalui hiburan yang menyenangkan, film-film di bioskop, mainan yang nampaknya biasa saja padahal mengandung unsur magic, minuman yang enak tapi memabukkan, dan banyak hal yang lain. Dia bisa merubah ‘wajahnya’ menjadi seorang teman yang menyenangkan tapi mengajak kita jauh dari TUHAN, atau seorang pria yang tampan atau gadis yang cantik jelita tetapi berhati licik. Apa saja yang dia mau. 

Waspadalah dengan semuanya itu. Berhati-hatilah dengan jebakan si iblis yang tersebar di dunia ini. Jebakan itu nampaknya imut, jenaka, menarik, tetapi semuanya membawa kita terlempar jauh dari hadirat TUHAN. 

 

Ary dan Ester Handoko