IA membelokkan jalan-jalanku, merobek-robek aku dan membuat aku tertegun

Ratapan 3 : 11 

Saudara yang terkasih ;

Dalam satu pertemuan, kami berjumpa dengan hamba-hamba TUHAN yang sama-sama melayani secara full time di ladang TUHAN. Banyak pengalaman yang mereka ceritakan, dan yang mengesankan adalah : panggilan TUHAN kepada mereka biasanya terjadi justru saat mereka sedang sibuk bekerja di ladang pekerjaan yang lama. Mereka terjun ke pelayanan bukan karena menganggur, atau ‘daripada ngga ada kerjaan’. Tetapi justru disaat sedang sibuk-sibuknya, mereka merasakan panggilan TUHAN yang kuat untuk terjun di bidang pelayanan. Langsung saja mereka ‘banting stir’, mengubah semua rencana yang ada, meninggalkan pekerjaan lama dan melayani TUHAN penuh waktu, sampai dengan saat ini. 

Sering kali sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi secara mendadak dan memaksa kita untuk berbelok dari rencana semula. Seperti yang diungkapkan oleh nabi Yeremia, kadang kala TUHAN membelokkan jalan-jalan kita, merobek-robek, dan membuat kita tertegun. Tetaplah dengan sukacita kita mengikuti jalan TUHAN, karena DIA mengetahui rancangan yang ada pada-NYA mengenai kita, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).

 

Percayalah bahwa jalan TUHAN 

yang sudah IA persiapkan 

jauh lebih indah dan sempurna 

dari rencana kita

 

Ary dan Ester Handoko

Sebab rancangan-KU bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-KU, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-KU dari jalanmu dan rancangan-KU dari rancanganmu

Yesaya 55 : 8 - 9

Saudara yang terkasih ;

Buat saudara yang pernah ke Jakarta pasti akan melihat, betapa banyaknya jalan tol disana. Belum lagi aneka jalan layang yang bisa bertumpuk-tumpuk dan ruwet kelihatannya. Dan buat saudara yang pernah menyetir mobil sendiri selama di Jakarta juga pasti pernah merasakan, betapa repotnya jika masuk ke jalan yang salah. Sekali salah memilih jalur jalan tol, muternya akan jadi sangat panjang dan lama. Belum lagi kalau harus menembus kemacetan kota yang sangat panjang dan menjengkelkan. Makanya tidak salah jika ada istilah yang berkata : hidup di Jakarta itu tua di jalan. Karena kemana-mana ruwet dan macet. Apalagi bila salah memasuki lajur jalan ! 

Saudara, banyak keputusan yang harus diambil dalam menempuh jalan kehidupan ini. Dan melihat dunia yang semakin sulit, sudah seharusnya kita bertanya dulu kepada TUHAN, jalan mana yang harus kita tempuh agar kita tidak salah memilih. Sekali kita salah memilih jalur, tingkat kesulitan yang kita hadapi jauh lebih tinggi daripada sekedar salah memilih jalur tol. Lalu, kenapa banyak di antara kita yang lebih suka berjalan sendiri tanpa bertanya? Baru balik dan berusaha menanyakan apa yang salah, bila semua hal sudah nampak berantakan… 

TUHAN ada dan selalu siap memimpin langkah saudara. DIA sanggup mengatasi segala keruwetan jalan hidup yang saudara hadapi. Menghadap dan bertanyalah kepada-NYA tentang segala sesuatu, sebelum keadaan menjadi kacau balau. 

 

DIA mengerti, DIA peduli,

persoalan yang sedang terjadi,

DIA mengerti, DIA peduli,

persoalan yang kita alami

 

Ary dan Ester Handoko

Hal itu tidak usah mengherankan, sebab iblis pun menyamar sebagai malaikat terang

II Korintus 11 : 14

Saudara yang terkasih ;

Mainan boneka berupa dinosaurus dan saudara-saudaranya masih merupakan mainan yang diminati oleh anak-anak kecil hingga saat ini. Entah kenapa mereka begitu suka melihat bentuk dino yang sebenarnya menyeramkan dan jauh dari kata ‘imut’. Terutama anak-anak cowo, suka sekali main-main dengan boneka dinosaurus yang terbuat dari plastik, atau robot, lalu mengkhayalkan kalau mereka beneran hidup serta berjalan-jalan di dunia ini. Memakai kaos bergambar dino, berfoto dengan patung dino raksasa, keren yaa. Mungkin justru tampangnya yang ‘gahar’ alias ‘sangar’ itu seperti menunjukkan sisi ‘perkasa’ dalam boneka dino ini. Memang kalau dinosaurus hanya berupa mainan saja, tidak menakutkan. Tetapi pernahkah dibayangkan seandainya mereka masih beneran hidup dan berkeliaran di bumi? Siapa yang berani mendekatinya ?  

Saudara, permainan dino yang sepertinya ‘lucu’ padahal kenyataannya sama sekali tidak ini, mengingatkan kami akan ‘tokoh’ yang sering juga menyamar sebagai sesuatu yang nampaknya indah, manis, ganteng, bahkan cantik. Padahal aslinya sama sekali bertolak belakang dari itu semua. Itulah si iblis. Di dalam dunia ini, dia sering berubah rupa dan menyusup melalui hiburan yang menyenangkan, film-film di bioskop, mainan yang nampaknya biasa saja padahal mengandung unsur magic, minuman yang enak tapi memabukkan, dan banyak hal yang lain. Dia bisa merubah ‘wajahnya’ menjadi seorang teman yang menyenangkan tapi mengajak kita jauh dari TUHAN, atau seorang pria yang tampan atau gadis yang cantik jelita tetapi berhati licik. Apa saja yang dia mau. 

Waspadalah dengan semuanya itu. Berhati-hatilah dengan jebakan si iblis yang tersebar di dunia ini. Jebakan itu nampaknya imut, jenaka, menarik, tetapi semuanya membawa kita terlempar jauh dari hadirat TUHAN. 

 

Ary dan Ester Handoko

Anggaplah kesabaran TUHAN kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang terkasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya

II Petrus 3 : 15

Saudara yang terkasih ;

Ketika sedang mampir di suatu cafe untuk sekedar melepas lelah setelah berkeliling di satu mall, kami yang tadinya mau memesan minuman, ditawari oleh barista (orang yang pekerjaannya membuatkan minuman di cafe itu) untuk mengambil saja paket berbuka puasa (waktu itu sedang masanya bulan puasa). Dan dia sodorkan selembar brosur yang menawarkan paket itu. Karena paket itu menarik, ada di pembelian beberapa item di cafe tersebut, akhirnya kami setuju untuk menggunakan paketnya. Setelah memesan dan duduk, kami perhatikan bahwa di brosur itu tidak tercantum tanggal berlakunya. Hanya ada tulisan kecil di sudut bawah kanan yang berkata : ‘while stock last’, yang berarti : selama persediaan masih ada. Jadi, program itu akan berakhir sewaktu-waktu, sekehendak pemilik cafenya. Bisa kapan saja. Tetapi tidak jelas tanggalnya. 

Saudara, kata-kata dalam brosur itu mengingatkan kami akan satu hal yang lain, yaitu soal kesabaran TUHAN. Seberapa banyak kesabaran TUHAN ? Banyak orang berkata bahwa TUHAN itu panjang sabar. KesabaranNYA sungguh tak terukur. Benar. Tetapi kesabaran TUHAN juga ada batasnya, while stock last, artinya : selama masih ada persediaan. Ketika kesabaran TUHAN itu habis, maka selesailah sudah ‘program diskon’ atau ‘program kemurahan dan pengampunan’ yang DIA berikan. Kapankah kesabaran TUHAN itu akan berakhir? Tidak ada seorangpun yang tahu waktu dan masanya. 

Selagi masih ada kesempatan, sewaktu kesabaran TUHAN masih ada dan tersedia, banyak-banyaklah memohon ampunan-NYA. Segeralah bertobat dari semua kesalahan kita. Sebab hanya itulah kesempatan kita ‘…untuk beroleh selamat’, kata ayat di atas. Kesabaran TUHAN hanyalah ‘while stock last’, bisa saja berakhir sewaktu-waktu…..    

 

Ary dan Ester Handoko

Keesokan harinya sesudah YESUS dan kedua belas murid-NYA meninggalkan Betania, YESUS merasa lapar. Dan dari jauh IA melihat pohon ara yang sudah berdaun. IA mendekatinya untuk melihat kalau-kalau IA mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu IA tiba disitu, IA tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. Maka kata-NYA kepada pohon itu,”Jangan lagi seorang pun makan buahmu selama-lamanya!” Dan murid-murid-NYA pun mendengarnya,

Markus 11 : 12 - 14

Saudara yang terkasih ;

Melihat banyak berita yang ada di media massa, kita bisa saksikan bahwa dunia tidak semakin menjadi baik, tetapi menjadi semakin buruk. Kejahatan dimana-mana. Dahulu soal bom masih amat jarang kita dengar, akhir-akhir ini semakin banyak saja. Bahkan hampir tiap minggu ada bom disana dan disini. Belum lagi perampokan yang semakin berani. Dahulu hanya menggunakan palu, clurit, pisau atau senjata tajam lainnya. Sekarang entah mendapat dari mana, mereka sudah memakai senjata api sehingga dengan mudah membunuh korbannya. Dunia semakin buruk, tetapi itu pun semua sudah dinubuatkan dalam Alkitab.

Saudara, apa yang harus kita lakukan di dunia yang semakin tidak baik ini? Sebagai anak TUHAN, baik atau tidak baik keadaannya, tetap kita dituntut untuk berbuah bagi kemuliaan nama TUHAN. Ada nats di Alkitab, yang menjadi ayat emas HG hari ini, dimana YESUS mengutuk sebuah pohon ara yang tidak berbuah. Padahal jelas-jelas disebutkan bahwa saat itu bukan musim ara berbuah. Mengapa YESUS marah kepada pohon itu, padahal memang bukan musimnya untuk berbuah? Seorang hamba TUHAN berkata, karena pohon itu memang tidak pernah berbuah apa-apa. Sehingga pohon itu tidak berguna. Juga ada yang berkata: itu artinya TUHAN menuntut kita untuk berbuah di segala musim kehidupan. Apakah kondisi kita sedang baik, atau buruk, TUHAN tetap menginginkan kita untuk berbuah ! Saat tokoh-tokoh Alkitab seperti Yusuf, Petrus, Paulus dan masih banyak lagi, dalam kondisi terpuruk dan tersiksa pun, mereka masih bisa berbuah dan menjadi saksi bagi KRISTUS untuk banyak orang ! TUHAN menginginkan kita bisa berbuat hal yang sama. 

 

Justru di saat-saat yang paling buruk di dalam hidup, 

TUHAN menantikan buah yang baik 

lewat perkataan dan perbuatan kita…. 

 

Ary dan Ester Handoko

Page 1 of 16