IA diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. Dan karena kamu adalah anak, maka ALLAH telah menyuruh Roh ANAK-NYA ke dalam hati kita, yang berseru :’ya Abba, ya BAPA !’ Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh ALLAH

Galatia 4 : 5 - 7

Saudara yang terkasih ;

Satu pelajaran yang bisa kami dapati ketika mendaftarkan diri ke rumah sakit guna pengobatan jantung yang baru saja lalu adalah : perkenalan dengan ‘orang dalam’ di rumah sakit setempat, sangat membantu dan sangat mempermudah proses pengurusan pendaftaran sebagai pasien pengguna BPJS untuk mendapat giliran operasi di rumah sakit tersebut. Bila tidak karena bantuan dokter pengelola rumah sakit itu (yang kami kenal lewat seorang teman), bisa jadi prosesnya masih agak lama karena antrean yang panjang. Puji TUHAN oleh karena kemudahan yang diberikan pihak rumah sakit, lewat dokter A ini. 

Saudara, kemudahan di pelbagai bidang akan kita dapatkan, apabila kita mengenal dengan baik ‘person in charge’ atau orang yang berwenang dalam suatu perkara. Dan diakhir hidup kita, sudah pasti kita dihadapkan pada pilihan yang akan dihadapi oleh semua manusia, yaitu Sorga atau neraka. Siapa yang empunya Sorga? Siapa yang bertahta di Sorga? Itulah yang harus kita kenal sejak dari sekarang. Dan puji TUHAN, kami telah mengenalnya, serta mengajak saudara semua mengenal DIA juga. Namanya YESUS ! Di ayat emas kita diatas, lewat perkenalan dengan YESUS ini, kita telah diperdamaikan dengan BAPA, dan menjadi ahli waris Kerajaan Sorga ! Luar biasa sekali bukan ?? 

Saudara, jika 'saat terakhir' kita tiba nanti, setidaknya exit permit masuk ke Kerajaan Sorga sudah ditangan. Karena kita kenal baik dengan ‘Orang dalam’, pemilik Sorga itu sendiri. Marilah kita juga perkenalkan DIA kepada sekeliling kita, agar lebih banyak lagi jiwa yang diselamatkan. Haleluyahh !!

 

Seperti mentari yang bersinar, seperti itu kasih BAPA

Seperti gelombang samudra, takkan pernah berhenti KAU mengasihiku

Seperti tingginya langit biru, demikian tinggi kasih BAPA

Sedalam lembah bayang maut, demikian dalam KAU tebus hidupku….

 

Ary dan Ester Handoko

Karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini, sehingga IA telah mengaruniakan ANAK-NYA yang Tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-NYA tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal

Yohanes 3 : 16

Saudara yang terkasih;

Seorang pemain musik rela datang lebih pagi di saat latihan dan berlatih di gereja… Dia datang karena ingat akan kasih TUHAN….

Seorang pendoa berlutut dan berdoa di pojok sebuah gereja, saat ibadah sedang berlangsung… Dia taat berdoa, karena ingat akan kasih TUHAN…

Seorang ibu sibuk di dapur memasak aneka makanan dan snack untuk acara gereja…. Dia berlelah-lelah karena ingat akan kasih TUHAN….

Seorang worship leader melatih lagu-lagu baru dan bersiap diri untuk menyanyi yang terbaik yang bisa dia lakukan…. Dia menyanyi karena sadar akan pertolongan TUHAN….

Seorang pendeta atau pengkotbah sibuk di depan laptop untuk mempersiapkan kotbah sampai jauh malam… Dia rela berjerih lelah karena ingin membalas kasih TUHAN….

Seorang petugas LCD sibuk mencatat lagu-lagu di computer gereja dan mencari huruf-huruf yang indah untuk dipasang…. Dia melakukannya karena ingat akan cinta-NYA TUHAN….

Seorang pengerja gereja sibuk mengepel lantai gereja yang begitu luas dengan giat tanpa mengeluh… Dia lakukan karena ingat pertolongan TUHAN…

Seorang anak muda dan team nya sibuk merancang dan mengganti property dekor gereja…. Dia kerjakan itu karena ingin membalas cinta-NYA TUHAN….

Seorang guru sekolah minggu menyiapkan cerita sekolah minggu dengan sungguh-sungguh… Dia melayani anak-anak karena rindu akan hadirat TUHAN… 

Seorang usher datang lebih pagi untuk menyambut para jemaat yang hadir di kebaktian….Dia layani itu untuk menyebarkan kasih TUHAN….

Tetapi semuanya ini tidak dapat dibandingkan dengan kasih TUHAN yang tak terbatas. Apapun yang kita lakukan, DIA sudah melakukannya untuk kita dengan porsi yang lebih besar. Lebih mulia, lebih dahsyat. TUHAN terlebih dulu melayani kita.. apakah yang dapat kita lakukan untuk membalas Kasih-NYA…

 

Kasih-MU lebih dari mentari

Yang tak pernah berhenti memancarkan sinarnya

Cinta-MU lebih dari samud’ra

Tenggelam ku di dalam kesetiaan-MU TUHAN

Terimakasih atas cinta-MU

 

Ary dan Ester Handoko

TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan

Yesaya 58 : 11

Saudara yang terkasih ;

Sewaktu sedang liburan singkat pergi ke sebuah air terjun yang indah di daerah Trawas, kami sama sekali tidak tahu akan medan perjalanan mencapai air terjun itu dengan berjalan kaki. Sebab ini adalah kali pertama kami ke tempat itu. Saat sedang memulai perjalanan, kami berjumpa dengan wisatawan yang baru saja selesai menyaksikan keindahan air terjun yang letaknya di bawah tebing itu. Kami sempat bertanya, seberapa jauh perjalanan yang akan kami lalui. Dengan santai dia menjawab,”Dekat kok, sekitar 10 menit.” Dengan berharap beneran hanya 10 menit kami melangkah. Ternyata 10 menit berlalu, dan kami belum juga ketemu dengan air terjunnya. Dan akhirnya, setelah kira-kira setengah jam, barulah air terjun itu mulai terdengar deburannya dan pelan-pelan kelihatanlah apa yang kami cari. Perjalanan yang cukup lumayan panjang, penuh dengan bebatuan, dan menjorok turun. Pulangnya, kami harus kembali mendaki jalan berbatu-batu yang sama. Kali ini lebih lama, karena beberapa kali harus berhenti karena kelelahan. 

Saudara, untuk mencapai satu tujuan wisata yang masih alami, kadang kala memang dibutuhkan perjuangan spesial untuk mencapainya. Tetapi sesampainya di tempat, ada keindahan pemandangan yang bisa disaksikan sebagai upah kerja keras perjalanan. Begitu pula dengan hidup. Terkadang perjalanan kehidupan ini penuh lekak liku, jalan menurun untuk ditapaki, dan jalan mendaki untuk dinaiki. Hidup ini penuh perjuangan, kata orang, dan memang benar demikian. Tetapi jangan takut dan kuatir, bersama TUHAN kita pasti bisa melewatinya. Dan begitu tiba di tujuan, kita bisa menikmati indah berkat luar biasa yang sudah TUHAN sediakan. 

Jika saat ini saudara sedang mengalami jalan naik turun dan berbatu-batu untuk ditapaki, jalanilah dengan penuh iman percaya dan kesabaran. TUHAN berjanji bahwa DIA akan selalu menyertai. Haleluyah…

 

Akupun tahu ku tak pernah sendiri,

Sbab Kau ALLAH yang menggendongku,

Tangan-MU membelaiku,

Cinta-MU memuaskanku,

KAU mengangkatku ke tempat yang tinggi….

 

Ary dan Ester Handoko

Sesungguhnya mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan DIA, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-NYA

Mazmur 33 : 18

Saudara yang terkasih ;

Sebuah acara besar GBT baru saja selesai diadakan di Bandung beberapa waktu yang lalu. Seusai acara tersebut, kami lihat ada foto seorang hamba TUHAN teman kami beredar di facebook, dalam jumlah banyak sekali. Dan anehnya, segala apa yang diperbuat, kok sempat-sempatnya difoto. Dan dia bukan selfie, tetapi seperti ada yang memfotokan. Ternyata, memang dia sengaja bawa fotografer sendiri untuk acara itu. Luar biasa, sudah seperti artis saja. Memang artis-artis, biasanya punya fotografer pribadi, dengan kamera professional dan sengaja dibayar, untuk selalu siap mengabadikan apa saja yang ia kerjakan, untuk di upload di instagram atau facebook pribadinya. Jelas saja fotonya jadi banyak, dan hasilnya bagus-bagus.

Saudara, itulah trend yang sedang mewabah di kalangan artis dan juga kaum the have (baca : kaya) akhir-akhir ini. menyewa fotografer pribadi. Mungkin kita belum sampai ke arah situ. Dan tidak ada niatan untuk mempunyai tukang potret yang selalu siap setiap saat semacam itu. Tetapi sadarilah, bahwa apa saja yang kita lakukan, ada Sepasang Mata yang selalu mengawasi, selalu memperhatikan tingkah laku kita. Dan Sepasang Mata itu tidak pernah sedetik pun melewatkan kita. Itulah Sepasang Mata TUHAN ! Apapun yang kita kerjakan, katakan dan perbuat, apapun yang kita pikirkan, rasakan dan rencanakan, DIA TAHU! Hal ini bisa menjadi ‘ancaman’, bila kita melakukan kesalahan. Tetapi sekaligus menjadi Penghiburan Besar, buat kita yang takut akan DIA, yang berharap kepada kasih setia-NYA. 

Mata lensa TUHAN, tidak pernah lepas membidik kita. Sebab itu, takutlah akan DIA, lakukanlah apa yang DIA inginkan, maka TUHAN akan memberkati kita selamanya. Haleluyah !  

 

Bagai tanah liat dalam tangan-MU

KAU jadikan bejana yang indah

Demikian aku dalam tangan-MU

ku sungguh berharga di mata-MU

 

Ary dan Ester Handoko

Tetapi aku, aku suka dekat pada ALLAH; aku menaruh tempat perlindunganku pada TUHAN ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-NYA

Mazmur 73 : 28

Saudara yang terkasih;

Setiap minggu, baik di kebaktian umum pagi dan sore, atau di kebaktian-kebaktian doa seperti doa malam dan doa puasa, pembicara atau WL sering memberikan kesempatan untuk semua jemaat maju dan menyaksikan cinta kasih TUHAN. Tetapi sering juga terjadi, bahwa tidak ada seorang pun yang maju untuk bersaksi. Atau ada juga yang maju, tetapi orangnya itu-itu saja, sehingga jemaat lain mungkin ada yang bicara dalam hati : ‘ahh, lagi-lagi si A …lagi-lagi si A…yang maju untuk bersaksi… ‘ 

Saudara, ayat emas yang terambil dari kitab Mazmur hari ini ( yang ditulis oleh bani Asaf)  memberikan pelajaran tentang apa artinya kita diijinkan hidup lebih lama di dunia ini oleh TUHAN. Mengapa DIA beri kita berpuluh-puluh tahun ini untuk menikmati kehidupan di dunia. Ternyata salah satu alasan yang kuat adalah : agar kita dapat menceritakan segala pekerjaan-NYA dalam hidup kita ! Tentu ada banyak pekerjaan yang ALLAH lakukan, baik itu hal besar atau kecil. Dan semuanya itu benar-benar bisa kita rasakan, bahwa ALLAH itu hidup dan berkuasa. Perbuatan-NYA nyata bagi kita, pribadi lepas pribadi. 

Saudara, ada banyak kesempatan TUHAN berikan untuk kita menyaksikan kasih TUHAN. Kita punya bahan lebih dari cukup untuk menceritakan tentang kebaikan, kasih, pertolongan dan keselamatan dari TUHAN. Ceritakanlah hal itu, selama kesempatan itu datang kepada kita. Sekeliling saudara pasti akan dikuatkan di saat mendengar apa yang saudara ceritakan… 

Kabarkanlah kebaikan TUHAN 

dimanapun kita berada

 

Ary dan Ester Handoko

Page 1 of 15